Iklan Bos Aca Header Detail

Dorong Stabilisasi Harga Pangan lewat Operasi Pasar

Dorong Stabilisasi Harga Pangan lewat Operasi Pasar

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemerintah terus berupaya mendorong stabilisasi guna menurunkan harga beberapa bahan pangan yang mengalami tren kenaikan menjelang akhir tahun.

Pada 28 Desember 2021, secara nasional harga bahan pangan mengalami kenaikan. Tercatat harga minyak goreng kemasan rata-rata Rp20.350 per kilogram, telur ayam ras Rp29.500 per kilogram dan cabai rawit merah Rp96.400 per kilogram.

Upaya meringankan beban masyarakat terhadap pemenuhan kebutuhan sembako, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian telah melakukan beberapa langkah yang komprehensif dan holistik guna mengurai dan menyelesaikan berbagai persoalan. Baik melalui kebijakan maupun langkah taktis di lapangan dalam bentuk operasi pasar.

“Pemerintah terus berupaya menstabilkan harga dan membantu masyarakat memenuhi kebutuhan sembako melalui operasi pasar, terutama menjelang Tahun Baru 2022. Harapan kami, operasi pasar ini dapat membantu masyarakat untuk membeli sembako dengan harga khusus yang lebih murah,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat meninjau operasi pasar di Pasar Cileungsi, Kabupaten Bogor, Rabu (29/12).

Menko Airlangga juga berkesempatan berdialog dengan para UKM baik binaan Sampoerna Retail Community (SRC), UKM Pemkab Bogor, maupun beberapa pedagang pasar.

Dalam dialog yang berlangsung hangat tersebut, Menko Airlangga mendengarkan langsung bagaimana kendala, tantangan, dan kondisi yang dihadapi para pedagang di masa pandemi Covid-19.

Momentum operasi pasar sembako ini juga dimanfaatkan masyarakat di sekitar Pasar Cileungsi untuk mendapatkan minyak goreng, telur ayam ras, cabai, bawang merah, bawang putih dengan harga yang terjangkau.

Selain pangan, kenaikan harga pupuk juga menjadi perhatian. Menko Airlangga juga melakukan peninjauan ke salah satu kios pupuk untuk memastikan ketersediaan pupuk bagi petani sekaligus sebagai bukti kehadiran pemerintah dalam upaya mengungkit produk dan daya saing di bidang pertanian. (rls/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: